Widget HTML Atas

Sinopsis Film Surau Dan Silek (2017) Mengenal Budaya Masyarakat Minangkabau

Surau dan Silek merupakan film yang di produksi oleh Mahakarya Pictures pada tahun 2017 dan disutradarai oleh Arief Malinmudo yang berlatarkan budaya masyarakat minangkabau.

Melihat kembali ke puluhan tahun lalu, para tokoh asal Minangkabau cukup mendominasi perkembangan zaman. Sebut saja Muhammad Hatta, Agus Salim, Tan Malaka, Hamka, Soetan Sjahrir, M Natsir, Mohammad Yamin, Usmar Ismail, Chairil Anwar dan banyak lagi tokoh lainnya menorehkan sejarah yang tak kecil bagi Indonesia.

Para tokoh tersebut besar dalam didikan budaya Minangkabau yang percaya pendidikan di SURAU yaitu yang terbaik bagi putra mereka terutama yang telah akhil baliq. Dari surau itulah mereka berguru mengaji, berdiskusi ihwal segala hal serta berguru silek (silat). Surau yaitu kawasan terbentuknya teladan pikir mereka.

Sayangnya budaya tersebut pun mulai terkikis oleh waktu. Banyak orang menganggap budaya surau tak lagi relevan dengan kehidupan yang kian modern. Jika satu budaya konkret memudar, siapakah yang seharusnya dipersalahkan.


Film 'SURAU & SILEK' mencoba untuk mengingatkan ihwal budaya yang telah usang ditinggalkan tersebut dari sudut pandang anak anak SD berusia 11 tahun serta seorang pensiunan dosen berumur 62 tahun. Selisih usia inilah yang menciptakan pertentangan budaya tersebut semakin menarik.

BACA JUGA : Sinopsis Film RAW (2017) Seorang Gadis Vegetarian yang Berubah Menjadi Kanibal


Sinopisis Film Surau dan Silek (2017) 
Adil (11th) yaitu seorang anak yatim yang sangat menginginkan Ayah nya masuk nirwana dengan cara menjadi anak yang shaleh. Di dikala yang bersamaan Adil juga sangat berambisi memenangkan pertandingan Silat di kampungnya.

Ambisi Adil ini di dasari oleh kekalahan yang di alaminya pada pertandingan periode sebelumnya. Adil di kalahkan oleh Hardi (11Th) dengan kecurangan. Namun hal ini tidak di akui oleh Hardi. Karena berdasarkan Hardi, Adil hanya mencari-cari alasan atas kekalahannya. Teman seperguruan Adil yang juga merupakan sahabatnya; Dayat (11th) dan Kurip (11th) ikut mendukung upaya membalaskan dendam kekalahan tersebut. Dengan semangat yang tinggi mereka mempersiapkan diri menuju pertandingan berikutnya yang akan di adakan 6 bulan lagi.


Dalam masa persiapan tersebut tiga sekawan; Adil, Dayat dan Kurip mengalami aneka macam rintangan; Mulai dari guru silat mereka Rustam (27) yang pergi merantau, harapan Adil untuk menjadi anak shaleh yang kadang bertentangan dengan ambisinya, pertikaian yang terjadi di antara Tiga Sekawan dalam memandang makna silat, Hardi dan kawan-kawan yang selalu membully Adil, Dayat dan Kurip serta pencarian guru silat pengganti yang gagal disaat waktu menuju pertandingan terus berjalan. Rani (11th) merupakan sahabat sekolah Tiga sekawan (Adil, Kurip dan Dayat). Rani yang mengagumi Adil secara membisu diam berusaha untuk mencarikan solusi terhadap kegalauan yang di hadapi oleh teman-temannya. Berkat perjuangan Rani inilah semua rintangan yang di hadapi oleh Tiga sekawan ini sanggup teratasi. Berhasilkah Tiga Sekawan menemukan guru silat serta memenangkan pertandingan?

Info Film Surau dan Silek 2017
Judul Film : Surau dan Silek
Jenis Film : Drama Keluarga 
Sutradara : Arief Malinmudo
Rumah Produksi : Mahakarya Pictures
Tanggal Rilis : 27 April 2017
Negara : Indonesia 
Bahasa : Minangkabau, Indonesia 

Pemeran Film Surau dan Silek 2017

  • Dewi Irawan sebagai ERNA
  • Gilang Dirga sebagai RUSTAM
  • Komo Ricky sebagai IRMAN
  • Pras Teguh sebagai CIBIA
  • Yusril Katil sebagai Dr. JOHAR HAKIM
  • Muhammad Razi sebagai ADIL
  • Bintang Khairafi sebagai KURIP
  • Bima Jousant sebagai DAYAT
  • Randu Arini sebagai RANI
  • F Barry Cheln sebagai HARDI
  • DATO' A Tamimi sebagai ARMAN

No comments for "Sinopsis Film Surau Dan Silek (2017) Mengenal Budaya Masyarakat Minangkabau"